GROUP WORK DAN PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH
MENENGAH DI INDONESIA
Abstrak
Kelas besar tidak efektif untuk pembelajaran bahasa Inggris yang komunikatif.karena siswa tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berlatih dalam penggunaan bahasa tersebut. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, siswa harus mendapat kesempatan yang cukup untuk berinteraksi dengan guru dan teman temantemannya,  dan begitu juga mereka harus diberikan waktu yang cukup untuk bekerja sesuai dengan kemampuannya. Kelas besar juga membuat guru sulit di dalam mengorganisir kelas dan memilih pendekatan pengajaran dan bahan ajar yang tepat yang sesuai dengan kebutuhan siswa yang berbedabeda.Namun demikian penggunaan group work sebagai salah satu strategi di dalam kelas besar dapat memberikan kontribusi yang positif dan dapat memecahkan beberapa persoalan di dalam pembelajaran bahasa Inggris yang komu nikatif . Selanjutnya  kegiatan pembelajaran di dalam group work juga dapat melatih siswa untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap pembelajaran bahasa Inggris mereka sendiri. Keuntungan group work dan permasalahannya telah dibahas secara rinci di dalam tulisan ini dengan merujuk kepada beberapa referensi dan pengalaman penulis sebagai guru SMA dan Insgtruktur PKG bahasa Inggris. Dari hasil kajian dan tindakan kelas yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa penggunaan group work dalam pembelajaran bahasa Inggris dengan belajar berdasarkan tugas (task-based learning) pada kontek sekolah di Indonesia dapat bermanfaat bagi siswa untuk meningkatkan jumlah waktu siswa berbicara, meningkatkan kerja sama antara mereka, dan memberikan kesempatan bagi siswa dalam bekerja sesuai dengan kemampuannya di dalam kelas besar. 

Kata Kunci: Group Work, Pembelajaran
Bahasa Inggris, Kelas Besar
Oleh Drs. H. Ibrahim Bewa, MA (Wakil Ketua 1 MPD Aceh Utara)

0 komentar:

Posting Komentar